5 Pesepak Bola Keturunan Indonesia yang Bermain Untuk Klub di Eropa

Indonesia memang bukan dikenal sebagai negara bola, namun meski begitu, Indonesia memiliki pemain-pemain hebat yang skill-nya patut di acungi jempol. Tak hanya merumput di dalam negeri, pesepak bola keturunan Indonesia juga ada yang berkarir di klub-klub di Eropa. Sebagian dari mereka pun, baru saja mendapat panggilan bermain di Timnas Indonesia.

Pemanggilan para pemain keturunan Indonesia di luar negeri ini, adalah untuk memperkuat Timnas Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia U-20 2021. Berikut adalah 5 daftar pemain muda keturunan Indonesia yang merumput di Eropa.

1. Kevin Diks

Berumur 24 tahun, pemain muda keturunan Indonesia ini, sekarang bermain untuk klub asal Italia, Fiorentina. Kevin Diks lahir pada tanggal 6 Oktober 1996 di Apeldoorm, Belanda. Ketika umurnya masih sembilan tahun, Kevin Diks masuk dalam jajaran skuad muda klub Vitesse yang bermarkas di kota Arnhem, Belanda.

Kemampuannya sebagai bek kanan mendapatkan perhatian saat Diks, bermain di Liga Denmark, bersama klub Aarhus GF. Karena prestasinya tersebut, pada pertengahan tahun 2020 lalu, Kevin pun dipanggil untuk menjalani seleksi Timnas Indonesia U-20.

2. Paul Aro

Memiliki paspor Finlandia, Paul Aro adalah pemain bola keturunan Indonesia yang sukses merumput di Swedia. Aro lahir di Jakarta pada 23 Juni 2001 dan menghabiskan sebagian masa kecilnya di Singaraja, Bali. Pada tahun 2016, Aro dan keluarga besarnya pindah ke Swedia.

Di Swedia, Aro bergabung dalam klub Skovde AIK U-19. Klub itu ialah klub lokal Swedia yang berlaga di Divisi 1 -Sodra. Meski saat ini Aro masih memiliki paspor Finlandia, namun sebentar lagi pemain muda ini akan mengganti paspornya menjadi Indonesia. Hal ini dilakukan persiapannya menjadi pemain Timnas Indonesia.

3. Egy Maulana Vikri

Berbeda dengan dua pemain sebelumnya yang berdarah campuran, Egy Maulana adalah pesepak bola keturunan Indonesia murni. Gelandang Timnas Indonesia ini telah menjadi pemain dari klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Karirnya sebagai pesepakbola di Eropa telah dimulainya sejak tahun 2018.

Egy lahir di Medan, Sumatera Utara pada 7 Juli 2000. Saat bermain untuk Timnas, Egy berhasil menorehkan prestasi pada tahun 2017 karena penampilannya dan berhasil mendapatkan gelar sebagai Breakthrough Player of the 2017 Toulon Tournament.

4. Radja Nainggolan

Berdarah batak, Radja Nainggolan adalah pesepak bola keturunan Indonesia yang cukup populer di luar negeri. Kelahiran Antwerp, Belgia ini sekarang menjadi pemain untuk klub Cagliari dengan posisi sebagai gelandang. Radja Nainggolan memiliki tinggi 179 cm dan bernomor punggung 4.

Pemain berumur 32 tahun ini, juga bermain untuk Timnas Belgia sejak tahun 2004. Namun, ia pertama kali dimainkan sebagai pemain Timnas senior Belgia pada ajang Piala Kirin tahun 2009. Saat itu, Timnas Belgia sedang bertanding melawan Timnas Chili.

5. Emil Audero

Emil Audero lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat tanggal 18 Januari 1997. Saat ini, pemain berdarah Italia-Indonesia ini sedang menjadi kiper untuk klub asal Italia, Sampdoria. Selain itu, pesepak bola dengan tinggi badan 192 cm ini, juga tercatat sebagai kiper di Timnas Italia U-21.

Sebelum dikontrak oleh Sampdoria, Emil juga pernah bermain untuk tim Juventus Allievi U-17. Di klub ini, Emil tampil mengesankan hingga akhirnya diganjar penghargaan sebagai The Young Italy Talents of The Future 2012.

Itulah daftar nama-nama pesepak bola keturunan Indonesia yang bermain di Eropa. Meski sebagian dari mereka tak berkarir di klub-klub di Indonesia, para pemain-pemain ini prestasinya sangat membanggakan. Semoga, dengan kehadiran para pemain-pemain muda diatas, dapat menambah semangat anak bangsa untuk dapat berkarir pula di Eropa.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *