Deretan Pemain Dunia Dengan Predikat Playmaker Terbaik Sepanjang Masa

Seorang playmaker memiliki peran yang cukup penting untuk mengatur irama permainan dalam pertandingan. Dirinya berperan dalam mendistribusikan bola yang nantinya menjadi jalan seorang striker untuk menciptakan gol. Lalu siapa saja playmaker terbaik sepanjang masa? Berikut ini daftarnya :

1. Zinedine Zidane

Nama Zinedine Zidane tentu tak asing bagi penggemar sepak bola. Dirinya mampu mencatatkan diri sebagai playmaker terbaik di era – 90an. Bersama Timnas Prancis, Zidan mampu membawa timnya menjuarai Piala Dunia 1998. Tak hanya sampai disitu karir klub sepak bolanya juga tak kalah menarik.

Bersama klub raksasa Real Madrid, Zidan memberikan kontribusi yang baik sehingga mampu menggondol beberapa trofi bergengsi. Dirinya juga dinobatkan sebagai Man Of The Match Piala Eropa tahun 2020. Meski kini telah resmi pensiun, namun nama besarnya akan tetap ada sepanjang sejarah.

2. Roberto Baggio

Bicara mengenai playmaker tak lengkap jika tak menyebutkan nama Roberto Baggio. Ya pemain asal Italia ini terkenal dengan perannya sebagai playmaker. Pemain berjuluk si rambut kuncir kuda ini berjaya bersama klub besar Juventus. Bersama club Si Zebra dirinya berhasil meraih  gelar sebagai pemain terbaik FIFA tahun 1993.

Namun sayang , saat perjalanan karirnya masih bersinar, dirinya menderita cedera yang cukup fatal. Sebelum insiden ini terjadi Baggio telah mencetak setidaknya 220 gol di Seri A. Satu momen yang mungkin tidak terlupakan saat dirinya gagal saat mengeksekusi penalti pada Piala Dunia 1994. Hal ini menjadi pukulan telak dalam karir sepak bolanya.

3. Manuel Rui Costa

Rui Manuel Caesar Costa atau yang sering dipanggil Rui Costa. Adalah mantan pemain sepak bola asal Portugal yang masuk dalam generasi emas bersama dengan pemain bintang lainnya seperti Luis Figo. Pemain yang identik dengan rambut panjangnya ini berhasil mencetak gol – gol indah serta memiliki kemampuan di atas rata – rata.

Saat berbaju Fiorentina Rui Costa sudah menunjukkan kemampuan hebatnya di lapangan. Hal ini juga berlaku saat dirinya membela klub besar AC Milan di era tahun 90 an.  Tak heran jika namanya masuk dalam daftar playmaker terbaik sepanjang masa.

4. Michael Laudrup

Michael Laudrup merupakan mantan pemain sepak bola asal Denmark yang cukup bersinar di masanya. Dirinya juga tercatat sebagai pemain terbaik Denmark. Karir sepak bolanya bermain dalam periode tahun 1989 sampai 1996. Pada awal tahun 1990 Michael Laudrup berhasil mendapatkan 58 caps dan mencetak 23 gol untuk negaranya.

Sedangkan untuk karir dalam club yakni Juventus, dirinya mampu memenangkan gelar Serie A. Karirnya terus meroket,  terbukti dengan dua kali menjadi pemain terbaik di negaranya Denmark. Tak sampai disitu, dirinya juga ikut berperan untuk kemenangan empat Liga berturut – turut bagi Real Madrid dan menjadi pemain asing terbaik sepak bola Spanyol.

5. Paul Gascoigne

Nama Paul Gascoigne memang layak disebut sebagai playmaker terbaik sepanjang masa. Pemain asal Inggris ini terkenal dengan pemain yang kreatif dan cerdik. Dirinya cukup bersinar pada Piala Dunia tahun 1990. Namanya malang melintang di luar Inggris sejak 1992.

Namun sayang karirnya yang melambung berbanding terbalik dengan kehidupan pribadinya. Paul Gascoigne tersandung beberapa masalah yang justru menghancurkan karirnya sendiri. Namun namanya kadung tercatat sebagai pemain yang tidak akan dilupakan oleh penggemarnya.

Nama besar dari para pemain di atas bukan datang secara instan. Banyak proses yang terlewati hingga berjuluk sebagai playmaker terbaik sepanjang masa. Predikat ini dirasa tidak berlebihan melihat kemampuan skill yang mumpuni dari setiap pemain.

 

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *